NEWS UPDATE :  

SPTJM

SPTJM

No Judul Aksi
1 Instrumen Penilaian Sikap Sosial
Intrumen sikap sosial ini diharapkan dapat di cetak oleh seluruh siswa. untuk petunjuk pengisian nanti akan dibimbing oleh guru pembimbing/pemateri
Unduh
2 Instrumen Penilaian SIkap Spiritual
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual diharapkan di cetak, kemudian diisi. untuk pengisian Instrumen penilaian Sikap Spiritual akan dibantu oleh Guru Pembimbing/Pemateri. Setelah Instrumen diisi kemudian nanti dikumpulkan kesekolah.
Unduh
3 Materi 1. Arti dan Makna Wawasan Wiyata Mandala
A. Wawasan : Suatu pandangan atau sikap yang mendalam terhadap suatu hakikat. Wiyata : Pendidikan Mandala : Tempat atau lingkungan Wiyata mandala adalah sikap menghargai dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan. Unsur-unsur wiyata mandala:
Unduh
4 Materi 2. Kepramukaan
Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.
Unduh
5 Materi 3. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
Di era globalisasi ini banyak tantangan memang bagi negeri kita, namun kesadaran berbangsa dan bernegara sudah selayaknya rakyat dan pemerintah untuk bersama sama memberikan pemahaman bagi rakyatnya, khususnya kaum muda.
Unduh
6 Materi 4. Belajar Efektif
Belajar yang efektif adalah proses belajar mengajar yang berhasil guna, dan proses pembelajaran itu mampu memberikan pemahaman, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu / kualitas yang lebih baik serta dapat memberikan perubahan perilaku dan dapat diaplikasikan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga hasil dari pembelajaran itu akan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.
Unduh
7 Materi 5. Pendidikan Karakter
Penguatan pendidikan moral (moral education) atau pendidikan karakter (character education) dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas, oleh karena itu betapa pentingnya pendidikan karakter.
Unduh
8 Materi 6. Tata Krama Siswa
Tata krama atau adat sopan santun atau sering disebut etiket telah menjadi bagian dalam hidup, contoh; pada waktu Anda masih kanak-kanak, orang tua Anda sudah melatih Anda menerima pemberian orang dengan tangan sebelah kanan dengan mengucapkan terima kasih. Orang tua Anda melatih Anda cara makan, minum, menyapa, memberi hormat dan berpakaian. Lama kelamaan perilaku Anda menjadi kebiasan.
Unduh
9 Materi 7. Pengenalan Kurikulum 2013
Tahap pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 meliputi: a. Kegiatan Pendahuluan Dalam kegiatan pendahuluan, guru: 1) mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan. 2) mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan; 3) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari; dan 4) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. 5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
Unduh
10 Materi 8. Pembinaan Mental Agama di Sekolah
Pendidikan dimanapun dan kapanpun masih dipercaya orang sebagai media ampuh untuk membentuk kepribadian anak ke arah kedewasaan. Pendidikan agama adalah unsur terpenting dalam pendidikan moral dan pembinaan mental. Pendidikan moral yang paling baik sebenarnya terdapat dalam agama karena nilai-nilai moral yang dapat dipatuhi dengan kesadaran sendiri dan penghayatan tinggi tanpa ada unsur paksaan dari luar,
Unduh
11 SPTJM
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak untuk orangtua wali Siswa Baru
Unduh